MENINGKATKAN KUALITAS DIRI DENGAN RUMUS M3 + AM

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Maha Pemberi Kekuatan Allah SWT. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi dan Rasul kita Muhammad SAW.
Petikan Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani :
عن عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم “إذا أتي علي يوم لا أزداد فيه علما، فلا بورك لي في طلوع شمس ذلك اليوم”، رواه الطبراني
“Dari ‘Aisyah ra berkata : Rasulullah SAW bersabda jika aku memasuki suatu hari dimana aku tidak bertambah ilmu maka aku tidak diberkati dari terbitnya matahari di hari itu.” (H.R. Thabrani)
Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita selalu ingin menjadi manusia yang berkualitas. Sudah pasti ada cara yang harus kita miliki. Sekarang bagaimana cara meningkatkan kualitas diri tersebut. Kadang beberapa orang sudah merasa cukup puas dengan kualitas diri yang kita miliki saat ini. Padahal kalau kita gali potensi diri kita terus menerus tentulah kualitas diri kita akan semakin bertambah. Semakin tinggi kualitas diri seseorang maka seseorang akan semakin kompeten dalam berbagai aspek kehidupan.
Adapun langkah untuk meningkatkan kualitas diri tersebut dapat menggunakan Rumus M3 + AM yang penulis uraikan sebagai berikut :

  1. Membaca
    Memang sangatlah sederhana dan tidaklah mudah untuk dilaksanakan, karena membaca merupakan pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi. Namun demikian banyak sekali manfaat dari membaca dimana dari proses membaca kita dapat memperoleh informasi yang akurat, berfikir yang akan menghasilkan sebuah teori untuk melengkapi data-data anda, bahkan dengan membaca otak lebih kreatif dalam menyikapi berbagai aspek kehidupan.
  2. Mendengar
    Mendengar merupakan salah satu pekerjaan yang sangat membutuhkan konsentrasi tinggi. Dengan mendengar banyak sekali manfaatnya. Kita dapat melatih kesabaran, ketelitian dan konsentrasi. Apabila kita antusias mendengarkan seseorang maka orang terebut akan lebih respek kepada kita, dan ingatlah bahwa orang besar lebih banyak mendengar daripada berbicara.
  3. Menulis
    Selanjutnya menulis untuk menyampaikan kemampuan apa yang kita serap dari ilmu pengetahuan dan informasi yang kita dengar. Dengan menulis kita akan melatih diri untuk berpikir kritis dan sehingga banyak sumber ilmu pengetahuan yang kita dapati. Walaupun berat untuk menulis, tetapi melalui tulisan kita dapat menuangkan ide-ide kita. Banyak tulisan-tulisan dari pers, kegiatan amal/sosial yang berperan aktif. Dengan tulisan-tulisannya mereka sangan disegani dan dihormati, walaupun kadangkala banyak pro dan kontra dari isi penulisannya. Menulis akan menjadikan kita berkarkter, dapat mempublikasikan atau untuk kegemaran tersendiri dan bahkan menjadi alternatif untuk mencari suatu mata pencaharian.
  4. Action (Tindakan)
    Action merupakan kegiatan untuk melaksanakan sesuatu yang dianggapnya benar dan mampu membawa pada kesuksesan, dan dengan action akan terbiasa mengembangkan ilmu yang diperolehnya karena jika tidak melakukan/mengembangkan maka ilmu yang diperoleh itu akan mubazir, sehingga ilmu akan lemah dan menurun.
  5. Menghayati
    Pada proses menghayati merupakan perenungan, koreksi dari apa yang sudah kita lakukan sehingga kita dapat mengevaluasi agar membenahi pada setiap kesempatan. Kadang kita lupa dari penghayatan dari yang kita lakukan, sehingga kita tidak dapat melihat peluang yang luar biasa bagi kualitas diri kita.
    Dengan menerapkan Rumus M3 + AM di atas insya Allah akan bermanfaat dalam upaya meningkatkan kualitas diri.

by Siti Badariah

MATA HATIKU
“ALWAYS IN THE EYES OF YOUR HEART”

sbadariah23@gmail.com

082116377948

(2) Comments

  • Agus syah 21/07/2020 @ 21:55

    Artikelnya sangat inspiratif, dan menyejukan sekali. Namun ada pertanyaan, bagaimana kalo masih belum bisa move on?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *