Kreativitas Siswa – MAN 1 Kota Bandung

Kreativitas Siswa – MAN 1 Kota Bandung

Kreativitas siswa dapat diperoleh dari proses pembelajaran melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar serta beralas dari potensi bawaan individu dan pengaruh lingkungan kepadanya.

Kreativitas siswa merupakan potensi yang mutlak dimiliki oleh setiap peserta didik untuk mencapai prestasi yang optimal dalam menempuh studi.

Secara umum, pandangan mengenai kreativitas mengandung berbagai makna. Semiawan (Hartanto, 2011: 12) mengemukakan “Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru (produk) atau membuat kombinasi baru berdasarkan fakta, data, informasi atau unsur-unsur yang ada”. Selanjutnya Cambell dan Glover (Setyabudi, 2011: 2) mengemukakan “Kreativitas merupakan kegiatan yang mendatangkan hasil sifatnya : baru (novelty), yang berarti invasi, belum pernah ada sebelumnya dan aneh; berguna (useful), yang berarti lebih praktis, mempermudah, mengatasi kesulitan, dan menghasilkan yang lebih baik; dimengerti (under-standable), yang berarti hasil yang sama dapat dimengerti atau dapat dipahami dan dapat dibuat pada waktu yang berbeda”.

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah kemampuan umum untuk menciptakan sesuatu yang baru, kemampuan untuk memberikan gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pemecahan masalah dan kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Jadi yang dimaksud Kreativitas Siswa MAN 1 Kota Bandung adalah kemampuan siswa untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang telah ada.

Tetaplah kreatif, teruslah aktif. Hidup indah dengan berkarya.***

Berikut beberapa bentuk kreativitas dari siswa MAN 1 Kota Bandung dapat dilihat di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.